LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
BERORIENTASI OBJEK
Disusunoleh :
JATMIKO AJI NUGROHO
L200130002
JURUSAN
INFORMATIKA
FAKULTAS
KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
CLASS
TUJUAN
Mahasiswa mampu
memahami pembuatan class
LATAR BELAKANG
Class
adalahcetakbiru / blueprint dariobjek. Dengan kata lain, suatuobjekdapatdibuat
/ diturunkandarisuatu model rancangan yang disebutdengan class.
Berdasarkandaridefinisiini, makasuatu class cukupdibuathanyasatubuahsajadandari
class tersebutdapatdibuat / diturunkanbeberapaobjek (puluhanataubahkanratusan)
yang memilikisifat yang sama.
ALAT DAN BAHAN
1. Komputer
2. Netbeans
3. Modulpraktikum
Langkah Kerja :
1. 1.
Membuat
kelas sepeda.java public class sepeda
public class sepeda {
intcadance;
int speed;
int gear;
voidchangeCadance (intnewValue){
cadance = newValue;
}
voidchangeGear (intnewValue){
gear = newValue;
}
voidspeedUp (int increment){
speed = speed + increment;
}
voidapplyBreak (int decrement){
speed = speed - decrement;
}
voidprintStates(){
System.out.println("Speed =
"+speed+", "+
"Gear = "+gear+", "+"Cadance ="+cadance);
}
}
2. Mebuat kompiler sepedabaru.java untuk
menjalankan sepeda.java
public class sepedabaru {
public static void main (String
[]args){
sepeda bike1 = new sepeda();
sepeda bike2 = new sepeda();
bike1.changeCadance(50);
bike1.speedUp(10);
bike1.changeGear(2);
bike1.printStates();
bike2.changeCadance(50);
bike2.speedUp(10);
bike2.changeGear(40);
bike2.changeCadance(40);
bike2.speedUp(10);
bike2.changeGear(3);
bike2.printStates();
}
}
Hasilnya
LATIHAN
1.
Membuatsuatu class yang dapatmempresentasikansifat-sifatdariobekkucing.
Objekinimemilikivariabel( umur, warnabulu) danfungsiberupa (meong, ulangtahun).
1.
Membuat
Class yang mempresantikanobjekkucing :
public class kucing {
intumur;
String
warnabulu,suara,ulangtahun;
voidgantiUmur (intnilai){
umur = nilai;
}
voidgantiWarna (String nilai){
warnabulu = nilai;
}
voidgantiSuara (String nilai){
suara = nilai;
}
voidgantiTahun (String nilai){
ulangtahun = nilai;
}
voidtampilkan(){
System.out.println("umur = "+umur+", "+
"warnabulu=
"+warnabulu+", "+"suara= "+suara+", "+
"ulangtahun=
"+ulangtahun);
}
}
2. Membuat kompiler kucingku.java untuk
menjalankan kucing.java
public class kucingku {
public static void main(String
[]args){
kucing cat1 = new kucing();
kucing cat2 = new kucing();
cat1.gantiUmur(10);
cat1.gantiWarna("Biru");
cat1.gantiSuara("meong");
cat1.gantiTahun("Februari");
cat1.tampilkan();
cat2.gantiUmur(20);
cat2.gantiWarna("Hitam");
cat2.gantiSuara("meong
meongooou");
cat2.gantiTahun("Januari");
cat2.tampilkan();
}
}
HASILNYA
2.
Membuatsuatu class yang
dapatmempresentasikanobjekrekening bank, Variabelnyaterdiridarisaldo,no.rek,
nama, sertafungsiberupaceksaldo, menabung,menarik,transfer. Serta membuatclass
yang memilikisebuahfungsiutama yang digunakanuntukmendemokanpembuatadariobjek.
Class yang mempresentasikanobjekrekeningbank :
1. Membuat class bank.java
public class bank {
String nama;
String no_rekening;
intsaldo = 80000;
public void Nama(String Name)
{
nama = Name;
}
public void No_Rekening(String Rekening)
{
no_rekening = Rekening;
}
public void SaldoTambah(intMenabung)
{
saldo = saldo + Menabung;
}
public void SaldoKurang(intMengambil)
{
saldo = saldo - Mengambil;
}
public void Transfer(int Transfer)
{
saldo = saldo -Transfer;
}
voidprintStates()
{
System.out.println("Nama :"+nama+ "Rekening
:"+no_rekening+ "Saldo"+saldo);
}
}
2. Membuat kompiler bankdemo.java untuk
menjalankan bank.java
public class bankdemo {
public static void main(String[]args){
String name,rek;
String Tarik,Sisasaldo;
inttarik,tabung;
bank rek1 = new bank();
name = JOptionPane.showInputDialog("Masukkannamaanda");
rek1.Nama(name);
rek = JOptionPane.showInputDialog("Nomorrekening :");
rek1.No_Rekening(rek);
Tarik =
JOptionPane.showInputDialog("penarikan ;");
tarik = Integer.parseInt(Tarik);
rek1.SaldoKurang(tarik);
System.out.println("Nama :"+name+ "\n\nRekening
:"+rek+ "\n\nSaldo :"+rek1.saldo);
}
}
HASILNYA :
TUGAS RUMAH
1.
Membuat
class untuk mempresentasikanobjekuntukmenghitungkalimat :
public class kalimat{
public static void main (String
args[]){
String kalimat1 =
("TuliskanSebuahKalimat");
String kalimat2 =
("TeknikInformatika UMS");
System.out.println(kalimat1);
System.out.println(kalimat2);
System.out.println("JumlahKarakterPadaKalimat:
" + kalimat2.length());
System.out.println(kalimat2.toUpperCase());
}
}
HASINYA :
ANALISA :
Setelah melakukan percobaan membuat objek
class maka mahasiswa mengetahui tata cara pembuatan objek class.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar