Senin, 16 Maret 2015

MODUL 1



LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK




 Hasil gambar untuk LOGO UMS SOLO





Disusunoleh :
JATMIKO AJI NUGROHO
L200130002


JURUSAN INFORMATIKA
FAKULTAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
 










CLASS

TUJUAN
Mahasiswa mampu memahami pembuatan class
LATAR BELAKANG
            Class adalahcetakbiru / blueprint dariobjek. Dengan kata lain, suatuobjekdapatdibuat / diturunkandarisuatu model rancangan yang disebutdengan class. Berdasarkandaridefinisiini, makasuatu class cukupdibuathanyasatubuahsajadandari class tersebutdapatdibuat / diturunkanbeberapaobjek (puluhanataubahkanratusan) yang memilikisifat yang sama.

ALAT DAN BAHAN
1. Komputer
2. Netbeans
3. Modulpraktikum

Langkah Kerja :
1.  1.    Membuat kelas sepeda.java public class sepeda

public class sepeda {
intcadance;
int speed;
int gear;

voidchangeCadance (intnewValue){
cadance = newValue;
    }

voidchangeGear (intnewValue){
gear = newValue;
    }

voidspeedUp (int increment){
speed = speed + increment;
    }

voidapplyBreak (int decrement){
speed = speed - decrement;
    }

voidprintStates(){
System.out.println("Speed = "+speed+", "+
        "Gear = "+gear+", "+"Cadance ="+cadance);
    }
}

2.      Mebuat kompiler sepedabaru.java untuk menjalankan sepeda.java

public class sepedabaru {
    public static void main (String []args){
        sepeda bike1 = new sepeda();
        sepeda bike2 = new sepeda();

        bike1.changeCadance(50);
        bike1.speedUp(10);
        bike1.changeGear(2);
        bike1.printStates();

        bike2.changeCadance(50);
        bike2.speedUp(10);
        bike2.changeGear(40);
        bike2.changeCadance(40);
        bike2.speedUp(10);
        bike2.changeGear(3);
        bike2.printStates();
    }
}

Hasilnya


LATIHAN
1.      Membuatsuatu class yang dapatmempresentasikansifat-sifatdariobekkucing. Objekinimemilikivariabel( umur, warnabulu) danfungsiberupa (meong, ulangtahun).
1.      Membuat Class yang mempresantikanobjekkucing :
public class kucing {
intumur;
    String warnabulu,suara,ulangtahun;


voidgantiUmur (intnilai){
umur = nilai;
    }

voidgantiWarna (String nilai){
warnabulu = nilai;
    }

voidgantiSuara (String nilai){
suara = nilai;
    }

voidgantiTahun (String nilai){
ulangtahun = nilai;
    }

voidtampilkan(){
System.out.println("umur = "+umur+", "+
        "warnabulu= "+warnabulu+", "+"suara= "+suara+", "+
        "ulangtahun= "+ulangtahun);
    }
}

2.      Membuat kompiler kucingku.java untuk menjalankan kucing.java
public class kucingku {
   public static void main(String []args){
        kucing cat1 = new kucing();
        kucing cat2 = new kucing();

        cat1.gantiUmur(10);
        cat1.gantiWarna("Biru");
        cat1.gantiSuara("meong");
        cat1.gantiTahun("Februari");
        cat1.tampilkan();

        cat2.gantiUmur(20);
        cat2.gantiWarna("Hitam");
        cat2.gantiSuara("meong meongooou");
        cat2.gantiTahun("Januari");
        cat2.tampilkan();

    }
}

HASILNYA



2.      Membuatsuatu class yang dapatmempresentasikanobjekrekening bank, Variabelnyaterdiridarisaldo,no.rek, nama, sertafungsiberupaceksaldo, menabung,menarik,transfer. Serta membuatclass yang memilikisebuahfungsiutama yang digunakanuntukmendemokanpembuatadariobjek.
Class yang mempresentasikanobjekrekeningbank :
1.      Membuat class bank.java
public class bank {
    String nama;
    String no_rekening;
intsaldo = 80000;

public void Nama(String Name)
    {
nama = Name;
    }
public void No_Rekening(String Rekening)
    {
no_rekening = Rekening;
    }
public void SaldoTambah(intMenabung)
    {
saldo = saldo + Menabung;
    }
public void SaldoKurang(intMengambil)
    {
saldo = saldo - Mengambil;
    }
public void Transfer(int Transfer)
    {
saldo = saldo -Transfer;
    }
voidprintStates()
    {
System.out.println("Nama :"+nama+ "Rekening :"+no_rekening+ "Saldo"+saldo);
    }

}

2.      Membuat kompiler bankdemo.java untuk menjalankan bank.java
public class bankdemo {
public static void main(String[]args){
        String name,rek;
        String Tarik,Sisasaldo;
inttarik,tabung;
bank rek1 = new bank();
name = JOptionPane.showInputDialog("Masukkannamaanda");
rek1.Nama(name);
rek = JOptionPane.showInputDialog("Nomorrekening :");
        rek1.No_Rekening(rek);
        Tarik = JOptionPane.showInputDialog("penarikan ;");
tarik = Integer.parseInt(Tarik);
rek1.SaldoKurang(tarik);
System.out.println("Nama :"+name+ "\n\nRekening :"+rek+ "\n\nSaldo :"+rek1.saldo);
    }
}


HASILNYA :

TUGAS RUMAH
1.      Membuat class untuk mempresentasikanobjekuntukmenghitungkalimat :
public class kalimat{
public static void main (String args[]){
        String kalimat1 = ("TuliskanSebuahKalimat");
        String kalimat2 = ("TeknikInformatika UMS");
System.out.println(kalimat1);
System.out.println(kalimat2);
System.out.println("JumlahKarakterPadaKalimat: " + kalimat2.length());
System.out.println(kalimat2.toUpperCase());
            }
}


HASINYA :



ANALISA :
Setelah melakukan percobaan membuat objek class maka mahasiswa mengetahui tata cara pembuatan objek class.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar